PENDAHULUAN -Pendidikan Pancasila
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan
potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan
dirinya dan masyarakat.
Pancasila bisa diartikan sebagai landasan
serta ideologi bangsa. Pancasila adalah landasan dari segala keputusan yang
mencerminkan kepribadian bangsa. Bisa pula diartikan bahwa Pancasila merupakan
ideologi negara Indonesia yang digunakan sebagai dasar pengaturan pemerintahan
negara.
B.
Daftar Materi
1.
Konsep dan Urgensi, Alasan Pendidikan Pancasila
2.
Sumber
Historis, Sosiologis, Politik, Dinamika, Tantangan, Esensi
3.
Sumber Historis, Sosiologis, Politik, Dinamika,
Tantangan, Esensi
4.
a. Menelusuri Konsep dan Urgensi Pancasila dalam
Arus Sejarah Bangsa Indonesia
b. Menanya Alasan Diperlukannya Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa
Indonesia
c. Menggali Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila dalam
Kajian
Sejarah Bangsa Indonesia
5.
a. Membangun Argumen tentang Dinamika dan
Tantangan Pancasila dalam Kajian
Sejarah Bangsa Indonesia
b. Mendeskripsikan Esensi dan Urgensi Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa
Indonesia untuk Masa Depan
6.
a. Menelusuri Konsep Negara, Tujuan Negara dan
Urgensi Dasar Negara
b. Menanya Alasan Diperlukannya Kajian Pancasila sebagai Dasar Negara
c. Menggali Sumber Yuridis, Historis, Sosiologis, dan Politis tentang
Pancasila
sebagai Dasar Negara
7.
a. Membangun Argumen tentang Dinamika dan
Tantangan Pancasila sebagai Dasar
Negara
b. Mendeskripsikan Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai Dasar Negara
8.
a. Menelusuri Konsep dan Urgensi Pancasila
sebagai Ideologi Negara
b. Menanya Alasan Diperlukannya Kajian Pancasila sebagai Ideologi Negara
c. Menggali Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila sebagai
Ideologi
Negara
9.
a. Membangun Argumen tentang Dinamika dan
Tantangan Pancasila sebagai
Ideologi Negara
b. Mendeskripsikan Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai Ideologi Negara
10. a. Menelusuri Konsep dan
Urgensi Pancasila sebagai Sistem Filsafat
b. Menanya Alasan Diperlukannya Kajian Pancasila sebagai Sistem Filsafat
c. Menggali Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila sebagai
Sistem
Filsafat
11. a. Membangun Argumen
tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Sistem
Filsafat
b. Mendeskripsikan Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai Sistem Filsafat
12. a. Menelusuri Konsep dan
Urgensi Pancasila sebagai Sistem Etika
b. Menanya Alasan Diperlukannya Pancasila sebagai Sistem Etika
c. Menggali Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila sebagai
Sistem
Etika
13. a. Membangun Argumen
tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Sistem
Etika
b. Mendeskripsikan Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai Sistem Etika
14. a. Mendeskripsikan Esensi
dan Urgensi Pancasila sebagai Sistem Etika
b. Menanya Alasan Diperlukannya Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan
Ilmu
c. Menggali Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila sebagai
Dasar
Nilai Pengembangan Ilmu di Indonesia
d. Membangun Argumen tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Dasar
Nilai Pengembangan Ilmu
e. Mendeskripsikan Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai Dasar Nilai
Pengembangan Ilmu untuk Masa Depan
A. Tujuan Pembuatan Artikel
Artikel ini
dibuat agar dapat lebih mendalami mana tentang materi Pendidikan Pancasila. Tidak hanya itu, pembuatan artikel ini
juga tidak hanya bagi pembaca saja, akan tetapi agar dapat pula menjadi bahan
informasi atau bahan ajar bagi orang lain.
R. SANRIA PRASETYO
UNIVERSITAS
MUHADI SETIABUDI