PENDAHULUAN -Pendidikan Pancasila

 

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Pancasila bisa diartikan sebagai landasan serta ideologi bangsa. Pancasila adalah landasan dari segala keputusan yang mencerminkan kepribadian bangsa. Bisa pula diartikan bahwa Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia yang digunakan sebagai dasar pengaturan pemerintahan negara.

B.    Daftar Materi

1.     Konsep dan Urgensi, Alasan Pendidikan Pancasila

2.     Sumber Historis, Sosiologis, Politik, Dinamika, Tantangan, Esensi

3.     Sumber Historis, Sosiologis, Politik, Dinamika, Tantangan, Esensi

4.     a. Menelusuri Konsep dan Urgensi Pancasila dalam Arus Sejarah Bangsa Indonesia

b. Menanya Alasan Diperlukannya Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa

Indonesia

c. Menggali Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila dalam Kajian

Sejarah Bangsa Indonesia

5.     a. Membangun Argumen tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila dalam Kajian

Sejarah Bangsa Indonesia

b. Mendeskripsikan Esensi dan Urgensi Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa

Indonesia untuk Masa Depan

6.     a. Menelusuri Konsep Negara, Tujuan Negara dan Urgensi Dasar Negara

b. Menanya Alasan Diperlukannya Kajian Pancasila sebagai Dasar Negara

c. Menggali Sumber Yuridis, Historis, Sosiologis, dan Politis tentang Pancasila

sebagai Dasar Negara

7.     a. Membangun Argumen tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Dasar

Negara

b. Mendeskripsikan Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai Dasar Negara

8.     a. Menelusuri Konsep dan Urgensi Pancasila sebagai Ideologi Negara

b. Menanya Alasan Diperlukannya Kajian Pancasila sebagai Ideologi Negara

c. Menggali Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila sebagai Ideologi

Negara

9.     a. Membangun Argumen tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai

Ideologi Negara

b. Mendeskripsikan Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai Ideologi Negara

10.  a. Menelusuri Konsep dan Urgensi Pancasila sebagai Sistem Filsafat

b. Menanya Alasan Diperlukannya Kajian Pancasila sebagai Sistem Filsafat

c. Menggali Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila sebagai Sistem

Filsafat

11.  a. Membangun Argumen tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Sistem

Filsafat

b. Mendeskripsikan Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai Sistem Filsafat

12.  a. Menelusuri Konsep dan Urgensi Pancasila sebagai Sistem Etika

b. Menanya Alasan Diperlukannya Pancasila sebagai Sistem Etika

c. Menggali Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila sebagai Sistem

Etika

13.  a. Membangun Argumen tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Sistem

Etika

b. Mendeskripsikan Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai Sistem Etika

14.  a. Mendeskripsikan Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai Sistem Etika

b. Menanya Alasan Diperlukannya Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan

Ilmu

c. Menggali Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila sebagai Dasar

Nilai Pengembangan Ilmu di Indonesia

d. Membangun Argumen tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Dasar

Nilai Pengembangan Ilmu

e. Mendeskripsikan Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai Dasar Nilai

Pengembangan Ilmu untuk Masa Depan

A.    Tujuan Pembuatan Artikel

Artikel ini dibuat agar dapat lebih mendalami mana tentang materi Pendidikan Pancasila. Tidak hanya itu, pembuatan artikel ini juga tidak hanya bagi pembaca saja, akan tetapi agar dapat pula menjadi bahan informasi atau bahan ajar bagi orang lain.


R. SANRIA PRASETYO

UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI


Postingan populer dari blog ini

Menelusuri Konsep dan Urgensi Pancasila sebagai Sistem Etika

Membangun Argumen tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Ideologi Negara